cms-formulasi Memilih media yang baik untuk
pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk kebutuhan
suatu Proses Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu dikuasai
oleh guru. image%25255B3%25255D Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat
menghindari adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan
menggunakan media. Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu proses
belajar mengajar maka media itu harus dipilih dan digunakan karena media ini
memiliki potensi untuk mempermudah belajar. Gerlach & Ely ( dalam
Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan dalam penggunaannya, media tidak dapat
langsung digunakan begitu saja oleh pengajar karena diperlukan suatu prosedur
dalam proses pemilihannya. Oleh sebab itu, pemilihan dan penggunaan media harus
benar-benar tepat agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada
akhirnya, pemanfaatan dan penggunaan media dapat menunjang efektifitas,
efisiensi dan daya tarik dalam pembelajaran. Kearsley (dalam Sihkabuden, 1985:
46) mengungkapkan prosedur dalam pemilihan suatu media dalam proses belajar
mengajar sebagai berikut :
1. Identifikasi
ciri-ciri media yang diperlukan sesuai dengan kondisi.
2. Identifikasi
karakteristik pebelajar.
3. Identifikasi
karakteristik lingkunangan belajar berkenaan dengan media yang akan digunakan.
4. Identifikasi
pertimbangan praktis yang memungkinkan media mana yang mudah digunakan dan
dilaksanakan.
5. Identifikasi
faktor ekonomi.
Mudhoffir (1999: 82) dalam bukunya Teknologi
Instruksional, menyebutkan ada beberapa prinsip pemilihan media adalah sebagai
berikut :
1. Kesesuaian
dengan tujuan pengajaran
2. Tingkat
kemampuan siswa
3. Ketersediaan
media
4. Biaya Mutu
teknik media.
Sedangkan Brown, Lewin & Harcleroad (dalam
Sihkabuden, 1985: 47) mempunyai pendapat dalam prinsip-prinsip pemilihan suatu
media yaitu:
1. Tidak ada
media yang menggantikan kedudukan dan peranan guru seratus persen dalam kelas.
2. Tidak ada
satupun media yang paling untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3. Media harus
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
4. Media harus
mempertimbangkan kesesuaian antara penggunaan dan cara pembelajaran yang
dipilih.
5. Pemilihan
media jangan hanya bergantung pada pemilihan dan penggunaan media tertentu
saja.
6. Pemakaian
media harus dilandasi dengan pemanfaatan yang baik dan juga didukung oleh
faktor lingkungan.
7. Pengalaman,
kesukaan, minat dan kemampuan individu serta gaya belajar mungkin berpengaruh
terhadap hasil penggunaan media.
Prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto
(1997:238) yaitu: 1) tujuan; 2) keterpaduan; 3) keadaan peserta didik; 4) ketersediaan;
5) mutu teknis; 6) biaya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip media
pemilihan media pembelajaran adalah :
1. Media yang
dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, metode pengajaran
yang digunakan, serta karakteristik siswa.
2. Mengenali
ciri-ciri tiap media pembelajaran
3. Pemilihan
media pembelajaran harus berorientasi pada peningkatan efektivitas belajar
siswa.
4. Pemilihan
media harus mempertimbangkan biaya pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu
media, dan lingkungan fisik tempat belajar siswa.
No comments:
Post a Comment