CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia Media
pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan
seluruhnya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa
saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media
pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan
faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang
perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media
pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni 1) ketepatan media dengan
tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan
memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakannya; 5) tersedia waktu
untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak.
Sepadan dengan hal itu I Nyoman Sudana Degeng (1993;
26-27) menyatakan bahwa ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan
guru/pendidik dalam memilih media pembelajaran, yaitu: 1) tujuan instruksional;
2) keefektifan; 3) siswa; 4) ketersediaan; 5) biaya pengadaan; 6) kualitas
teknis.
Selanjutnya menurut Basuki Wibawa dan Farida Mukti
(1992/1993: 67-68) kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media
yaitu: 1) tujuan; 2) karakteristik siswa; 3) alokasi waktu; 4) ketersediaan; 5)
efektivitas; 6) kompatibilitas; dan 7) biaya. contoh media pembelajaran.
Berkaitan dengan pemilihan media
ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media yaitu:
1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai; 2) tepat untuk mendukung isi
pelajaran; 3) praktis, luwes, dan tahan; 4) guru terampil menggunakannya; 5)
pengelompokan sasaran; dan 6) mutu teknis. Selanjutnya Brown, Lewis, dan
Harcleroad (1983: 76-77) menyatakan bahwa dalam memilih media perlu
mempertimbangkan kriteria sebagai berikut: 1) content; 2) purposes; 3)
appropriatness; 4) cost; 5) technical quality; 6) circumstances of uses; 7)
learner verification, and 8) validation.
Dari beberapa pendapat di atas,
dapat ditegaskan bahwa pada prinsipnya pendapat-pendapat tersebut memiliki
kesamaan dan saling melengkapi. Selanjutnya menurut hemat penulis yang perlu
dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan,
peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan
kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia. Untuk
memperoleh gambaran yang jelas tentang hal ini akan diuraikan sebagai berikut:
1. Tujuan
pembelajaran. Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada sejumlah alternatif
yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang
paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan
yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan digunakan.
2. Keefektifan.
Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling
efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Peserta
didik. Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan ketika kita memilih media
pembelajaran berkait dengan peserta didik, seperti: apakah media yang dipilih
sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik, baik itu kemampuan/taraf
berpikirnya, pengalamannya, menarik tidaknya media pembelajaran bagi peserta
didik? Digunakan untuk peserta didik kelas dan jenjang pendidikan yang mana?
Apakah untuk belajar secara individual, kelompok kecil, atau kelompok
besar/kelas? Berapa jumlah peserta didiknya? Di mana lokasinya? Bagaimana gaya
belajarnya? Untuk kegiatan tatap muka atau jarak jauh? Pertanyaan-pertanyaan
tersebut perlu dipertimbangkan ketika memilih dan menggunakan media dalam
kegiatan pembelajaran.
4. Ketersediaan.
Apakah media yang diperlukan itu sudah tersedia? Kalu belum, apakah media itu
dapat diperoleh dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif
yang dapat diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama dengan peserta
didik, meminjam menyewa, membeli dan mungkin bantuan.
5. Kualitas
teknis. Apakah media media yang dipilih itu kualitas baik? Apakah memenuhi
syarat sebagai media pendidikan? Bagaimana keadaan daya tahan media yang
dipilih itu? Biaya pengadaan. Bila memerlukan biaya untuk pengadaan media,
apakah tersedia biaya untuk itu? Apakah yang dikeluarkan seimbang dengan
manfaat dan hasil penggunaannya? Adakah media lain yang mungkin lebih murah,
tetapi memiliki keefektifan setara? Fleksibilitas (lentur), dan kenyamanan
media. Dalam memilih media harus dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat
digunakan dalam berbagai situasi dan pada saat digunakan tidak berbahaya.
6. Kemampuan
orang yang menggunakannya. Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan
memberi manfaat yang banyak bagi orang yang tidak mampu menggunakannya.
7. Alokasi
waktu, waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap
penggunaan media pembelajaran. Untuk itu ketika memilih media pembelajaran kita
dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti; apakah dengan waktu yang tersedia
cukup untuk pengadaan media, apakah waktu yang tersedia juga cukup untuk
penggunaannya.
No comments:
Post a Comment